Senin, 07 November 2011

kendala super kips pada ninja 150rr or r

lagi-lagi super kips ..

Posted: 10/10/2011 by babad150f in Uncategorized
Hello biker..lagi2 superkips ninja 150(kedepan disingkat ”kips” aja)..brother adalah penyemplak motor 2tak ini?..coba search di google bagaimana kips bekerja..kendala-kendalanya..begitu banyak sekali artikel tentang perawatan kips..mulai a ampe z.. memang benar kips adalah doping power ninja 150 series..tapi jangan salah bro..kips ternyata tehnologi jadul mesin motocross kawasaki seri KX 2 stroke..mulai dari KX85..125 ampe KX250 semuanya dah duluan pake KIPS ..dan seri KIPS nyang paling ampuh adalah HI-KIPS milik KRR150SE nyang mana mekanisme menggunakan control servo mirip2 RC valve nya NSR150(cmiiw)..tapi nggak tau kenapa kedepan seri hi-kips malah diganti mekanisme manual seperti seri kips pendahulunya..nah kalo alasan kenapa,silahken tanya ingsinyur2 kawasaki..tapi menurut hemat saya karena tipe kips manual lebih mudah di tune up..
grafikkips.gif
superkips1.jpg

Setelah cerita saya diatas mari kita tangani satu2 masalah kips di ninja 150 series..
(pertama).
superkips dengan lapisan teflon yg gampang mengelupas..menyebabkan permukaan katub tidak merata dan gampang jadi penyebab macet
Solusinya:
Ya di kerok aja sekalian semua..agar perputaran katub kips lebih lancar..kerok ampe habis lanjut di lap pake brasso..agar kuningan nya mengkilab
brassometalpolis.jpg
(kedua)
Apabila mekanisme KIPS masih sering macet..dalam kurun 2mingguan..obat nyang mujarab adalah menutub lubang hisap udara di kotak kecil bertulis HSAS..tutup menggunakan apa ajalah yg penting tertutup dan menghalangi masuknya udara ke system HSAS nya dan penutup tahan terhadap getaran maupun goncangan saat berkendara,cara ini mirip menutup sistem lubang PAIRS nya suzuki satria F 150 yg katanya menambah power..padahal ya enggak..cuman menyempurnakan pembakaranya saja..mengingat sistem penekan emisi gas buang selalu mengorbankan power walo,hanya se **il.
(ketiga)
Iya,Masalah pertama n kedua dah kelar..Masih aja nggak puas ama kips..segera beli tiket pesawat rasakan sensasi take off nya.. :lol:
Nah begini..kips itu merupakan mekanisme..nyang mana,namanya mekanisme itu ajustable..alias bisa di setel bro..emang ada nyang mengganjal pegas sentrifulgar nya..agar kips membuka lebih awal..tapi cara ini sedikit rumit..tentunya dengan menguras collant di radiator..menguras oli girbok..coz masalahnya harus membuka bak kopling(cmiiw)
Dan hasilnya belum tentu seperti keinginan semua tipe biker..karna saya rasa,motor akan susah di bawa nyantai..bagemana enggak..putaran 6000rpm kips dah langsung terasa open nya..beda ama setting standart nya rpm 6000 kips masih belum terlalu terasa..sehingga rpm 6250′an masih bisa enjoy jalan dengan suara adem di kecepatan 100kmh..
Caranya:
Pertama buka fairing dulu
bukafairing1.jpg
bukafairing2.jpg
selanjutnya buka karet pelindung mekanisme kips..
kendorin baut(putarkanan)gigi pemutar kips..kendorin aja gak usah dilepas..selanjutnya..start enjin..rpm stasioner aja..dengarkan suara kenalpot..sambil open kips secara manual pake tangan..dorong dengan jari pada gigi pemutar kips..kenali suara kenalpot..antara ketika kips membuka dan menutup..nah..selanjutnya..atur agar jeda antara kips menutup dan membuka nya sesingkat mungkin..caranya..buka kips penuh lalu tutup perlahan sampai suara kenalpot menyampaikan bahwa kips baru aja menutup..nah saat itu juga kencangin(putarkiri)baut pengikat gigi kips nya..selanjut di test..rasakan bahwa telah tidak ada jeda(biasanya rpm7000)transisi power..penyaluran tenaga kips lebih terasa nyambung antara mid to top..
nc bayu.jpeg
sumber:
Facebook ninja comunity(nc bayu)
Kips at google search
menutup hsas by hourex150l
Kips macet/kaskus
Problem kips/ google search

Tidak ada komentar:

Posting Komentar